Menghemat Baterai Ponsel Android

Posted by Tamz Kamis, 23 Juni 2011 1 komentar
Android. Sistem Operasi Android kini berkembang sangat pesat, dan bisa dibilang Android mengubah dunia komunikasi mobile pada saat ini. Android menawarkan begitu banyak fitur yang menarik bagi para pengunanya. Android memberikan kenyamanan, fungsi, dan arsitektur yang bisa dibilang sangat baik.

Namun, dengan banyaknya fitur dan fungsi yang ada pada perangkat Ponsel Android, hal ini dapat menyebabkan baterainya cepat habis. oleh karena itu para pengguna Ponsel Android haruslah pintar dalam pengoperasian dan penggunaan pada Ponsel Android.  

Dan disini saya akan berbagi mengenai beberapa tips cara menghemat baterai Ponsel Android. dan Ini sudah saya buktikan, alhasil Ponsel Android saya kini bertahan hingga 24 Jam. :)

Menghemat Baterai Ponsel Android


Yang harus kita ketahui terlebih dahulu yaitu "Apa yang menyebabkan Baterai Ponsel Android Cepat habis ?"

Disini kita dapat mengetahuinya dengan cara pergi ke Pengaturan >> Tentang Telepon >> Pemakaian baterai. Disitu kita dapat melihat apa yang menyebabkan baterai Ponsel Android kita Cepat habis. Setelah kita mengetahui hal itu selanjutinya kita perlu mengatur beberapa opsi agar Baterai Ponsel Android kita lebih tahan lama dari sebelumnya.


Pertama "Gunakan Hanya Jaringan 2G"
Pengaturan >> Wireless dan jaringan >> Mobile Network >> Hanya Memakai Jaringan 2G

Seperti yang kita ketahui jaringan 2G memang tidak secepat 3G, namun dengan hanya menggunakan jaringan 2G, daya Baterai Ponsel Android akan lebih hemat.
Namun Jika kita menginginkan akses dengan kecepatan tinggi untuk penggunaan internet, kita bisa kembali ke setingan awal dan penggunaan baterai pun akan kembali seperti biasa.


Selanjutnya "Mengurangi Kecerahan Layar"
Pengaturan >> Tampilan >> Pencerahan

Dengan mengurangi kecerahan layar Baterai Ponsel Android kita akan lebih hemat dalam penggunaan baterai. Kita hanya perlu menggeser slide kekiri untuk mengurangi kecerahan cahaya dan ke kanan untuk menambah kecerahan cahaya pada layar Ponsel Android. Namun pada umumnya kita dapat melihat tampilan Ponsel Android walaupun Kecerahan Layar ( BackLight ) Ponsel Android dimatikan.


Ketiga "Menetapkan Timeout Layar Sesingkat Mungkin"
Pengaturan >> Tampilan >> Waktu Tunggu Tampilan

Dengan menerapkan pengaturan ini, Baterai Ponsel Android pengguna akan lebih hemat, dikarenakan jangka waktu tunggu ponsel hanya singkat saat tidak terpakai dan akan masuk ke mode standby.


keempat "Tutup Aplikasi yang tidak digunakan"
Menu >> Pengelola Tugas >> Aplikasi Aktif

Selain dapat menghemat memory ( RAM ) hal ini juga dapat menghemat baterai Ponsel Android kita.


Berikutnya "Mematikan Firut Nirkabel ( Jika Tidak Diperlukan )"
Pengaturan >> Wireless dan jaringan >> Pengaturan WIFI

Perangkat Nirkabel pada Ponsel Android cukup memakan daya yg besar, dan ketika kita berada di tempat yang tidak terdapat jaringan WIFI, ponsel Android kita akan terus bekerja untuk menemukan jaringan tersebut. Saran saya, matikan jika tidak diperlukan.


Setelah itu "Matikan fitur Bluetooth ( bila tidak diperlukan )".
Pengaturan >> Wireless dan jaringan >> Pengaturan WIFI

Seperti halnya tips sebelumnya "Mematikan Fitur WIFI", mematikan firut Bluetooth juga perlu diperhatikan. Alasanya, sebuah perangkat atau program pasti memerlukan daya untuk menjalankanya. Jadi sebaiknya dimatikan bila tidak diperlukan.


Selanjutnya "Matikan Fitur GPS"
Pengaturan >> Lokasi dan Pengaman >> Gunakan Satelit GPS

Seperti halnya tips sebelumnya, mematikan GPS juga perlu, jika kita tidak menggunakanya, karena dengan GPS prosesor akan bekerja untuk mengirim informasi yang didapat dari satelit untuk dikirimkan ke aplikasi GPS itu.


Dan terakhir "Matikan fungsi getar"
Pengaturan >> Suara >> Getar

Perangkat kecil yang dapat menggetarkan yang terdapat di dalam Ponsel Android kita tentunya memerlukan daya untuk menggerakan motor getar tersebut. Oleh Sebab itu jika kita ingin Ponsel Android kita lebih hemat lagi, sebaiknya matikan fitur ini.


Sekian tips Menghemat Baterai Ponsel Android dari saya, cara Menghemat Baterai Ponsel Android tidak selalu terpaku pada pengaturan ponsel, bisa juga karena faktor-faktor tertentu. Seperti Baterai sudah rusak atau yang lainya, tergantung kondisi Ponsel Android Kita.

1 komentar untuk "Menghemat Baterai Ponsel Android" :

puitis mengatakan...

makasih y tutorial nya
salam kenal juga
heheh :)

Posting Komentar

Blog Ini adalah Blog Doffolow, kawan-kawan boleh berkomentar dan meninggalkan link pada kolom komentar dibawah ini. Komentar yang berbau spamming, Sara, Judi, Promosi, Pornografi terpaksa saya hapus.